PANCA PRASETYA KORPI



 
PANCA PRASETYA KORPRI
Kami Anggota Korps Pegawai Republik Indonesia adalah insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjanji :
1.  Setia dan taat kepada Negara Kesatuan dan Pemerintah Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
2.  Menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara serta memegang teguh rahasia jabatan dan rahasia negara.
3.  Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan.
4.  Memelihara persatuan dan kesatuan bangsa serta kesetiakawanan Korps Pegawai Republik Indonesia.
5.  Menegakkan kejujuran, keadilan dan disiplin serta meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme.

waduk bendo

jalan ke waduk bendo sebelum dibuat rencana akan dihadiri menteri perhubungan pada acara peletakan batu bertama pada tanggal 17  desember 2013
 jalan setelah du urug

Mulai sejak tahun 1974  masyarakat ponorogo dan sekitarnya mendambakan keberadan waduk bendo yang berada di  bendo ngindeng kecamatan sawoo kabupaten ponorogo di kaki gunung bhayang kaki  pada tahun ini 2013 mulai digarap jalan menuju waduk yang melintasi tanah perhutani  direncanakan selesai waduk pada tahun 2017

jalan menuju waduk sebelum dibuat

melintasi jalan menuju waduk   yang akan digarap

dasar sungai bendo sebelum dibendung seteleh dibendung diperkirakan ketinggian air 75 m

dasar sungai bendo

aliran sungai bendo dalam musim kemarau  sebelum dibendung

manfaat dari pada waduk untuk irigasi di kabupaten ponorogo dan madiun, mengurangi banjir dimusim penghujan menambah permukaan air tanah yang mana dari tahun ketahun diwilayah ponorogo permukaan air tanah semakin menurun diharapkan setelah adanya waduk permukaan air tanah akan stabil.





Tiada penghalang antara hamba dan al khaq

"Alloh yang maha khaq tidak berhijab (penutup)  yang berhijab adalah hamba  yang tidak mampu melihatnya  apabila ada hijab antara abid dan  ma'bud  pasti akan tertutup  segala sesuatu yang menghijabinya. Alloh tidak ada yang menuupinya sebab  sebab setiap yang tertutup  oleh sesuatu  maka ia akan menguasainya  sedangkan Alloh adalah Zat  yang kekuasaannya  diatas semua makhluq dan hambanya".

 لخقو  ليس بيماهجوبين وانما ألماخجوبو أنت أني  النظري إليه  إز لا خجاباهو سيئون لستاره مع خاجاباهو ولا كان له ستيرن لقانا لوجوده خاشيرون واقول خاشيرو ليس فهو له قوهيرون وهو قوهيرون فوق ئيباداديهي 


Anta hamba yang sudah sampai tingkat ma'rifat  tidak ada hijab yang menghalanginya  antara si hamba dengan Alloh swt.  manusia sudah dikaruniai basiroh / mata hati  yang mampu menembus kegelapan  antara hamba dengan Tuhannya  kalau manusia belum belihat Alloh dengan basirohnya berarti hati sihamba tersebut sedang tertutup  hijab pekat berupa kotoran  yang melekat pada qolbu, untuk itu diperlukan  kekuatan untuk menyingkap  tabir tersebut  kekuatan tersebut adalah kekuatan rokhani si hamba sendiri  terdiri dari  iman yang bersih, ikhlas  yang jernih jihad fi sabililah 
 

TANDA-TANDA ORANG YANG SIDIQIN

"Kehendakmu akan semata-mata  beribadah, pada hal Alloh sudah menempatkan  dirimu sebagai golongan orang yang harus berusaha  untuk mendapatkan duniamu sehari-hari  maka keinginan tersebut termasuk  perbuatan syahwat yang halus, sedangkan  keinginanmu untuk berusaha  padahal Alloh telah menempatkanmu pada golongan yang semata-mata beribadah, mengikuti keinginanmu itu  berarti engkau telah  turun dari semangat dan cita-cita yang tinggi" (Al hikam)
إروذاتك التجريد ما قومته لله  إياك فل أسباب مينالسياهواتي لجخوفيتي  وردتك السباب ما قومتي له إياك في التعريض إنتيختوثه منال حماتي إليه

Watak dari seorang yang sidiqin adalah ia tidak meningalkan dunia untuk akherat  dan tidak meninggalkan akherat karena urusan dunia hubungan timbal balik antara urusan dunia dan akherat  adalah yang dikehendaki oleh islam
K ABDURROHMAN TEGALSARI
MHAK SINAP /CEPLUK

I'TIKAF MALAM 27 ROMADHON 1434 H DI HALAMAN MASJID TEGAL SARI

 orang yang sidiqin bercirikan :
  1. Mendekatkan diri kepada Alloh,  akan tetapi ia tidak meninggalkan  urusan dunianya;
  2. Mengkhususkan diri  beribadah  semata-mata kepada Alloh  karena Alloh karena Alloh telah menjamin kehidupan dunianya karena ibadah-ibadah yang ia amalkan;
  3. menempatkan diri dalam hidup sederhana (qona'ah) dan menjaga kehormatannya (Iffah) dalam hubungan sesama manusia;
  4. Tidak menyia-nyiakan pemberian Alloh yang telah diterima oleh si hamba seperti rizki yang tak terduga untuk kepentingan manusia lainnya kemudian ia tetap istiqomah  dalam ibadah yang dijalaninya;
    Santunan anak Yatim piatu
  5. Jiwa dan ruh mereka tenang menikmati ibadah kepada Alloh swt;
  6. Mengembalikan seluruh  persoalan  yang telah terjadi  dan yang akan terjadi kepada Alloh swt serta mengerjakan perbuatan semata-mata karena izin Alloh ;

KHASAB BERTANI JAGUNG

KHASAB BERTANI PADI

IKHSAN DAN SYUKUR

"BARANG SIAPA TIDAK MENGHADAP ALLOH SWT KETIKA IA MENDAPATKAN ANUGERAH IKHSAN, NISCAYA IA AKAN DIBELENGGU OLEH RANTAI-RANTAإ UJIAN, BARANG SIAPA YANG TIDAK MENSUKURI NIKMAT ALLOH SESUNGGUHNYA IA TELAH MEMBUKA JALAN HILANGNYA NIKMAT DARI DIRINYA  AKAN TETAPI BARANG SIAPA YANG MENSYUKURI NIKMAT ALLOH, MAKΑ SUNGGUH IA IA TELAH MEMBERI IKATAN  YANG KUAT PADA KENIKMATAN ALLOH ITU"
من لم يقبل آلاء لله  بعملاء  ثوفاتيل اخزن قيدا إليه بسلاسل إمتيخان ، مانلام ياسيكوري نقمته فقد تعارضه ليزاولها ومن سيكرها فقدقيادها باقولها 
مقوم سينا جونونج جات
 

MAJLIS ULAMA' INDONESIA

PERNYATAAN BERSAMA MAJLIS ULAMA' INDINESIA KORWIL III MADUIN
TA'ARUF DAN RAPAT KERJA MAJLIS ULAMA' INDINESIA (MUI) KABUPATEN PONOROGO
Pada tanggal  22 juni 2013  M 13 Sya'ban 1434 H bertempat di aaula kantor kementerian agama Kabupaten Ponorogo  telah diadakan Ta'aruf dan rapat kerja MUI Kabupaten ponorogo  diantaranya membacakan hasil  pernyataan bersama  MUI korwil III  Madiun   yaitu :
  1. MUI Kota Madiun
  2. MUI Kabupaten Ponorogo
  3. MUI Kabupaten Magetan
  4. MUI kabupaten Pacitan 
  5. MUI Kabupaten Ngawi 
Dalam menyambut hadirnya bulan Romadhon 1434 H  / 2013 M  menyatakan :
  1. Awal Romadhon mengikuti  fatwa MUI  tahun 2004 yakni mengikuti keputusan pemerintah  hasil istbat;
  2. Takaran Zakat Fitrah  MUI  mengambil jalan tengah yakni  sekurang-kurangnya 2,5 Kg, bila mana diuangkan  harga disesuaikan dengan harga beras masing-masing daerah  dan diserahkan berupa barang  dan panitia  menyiapkan beras tidak mengambil  hasil zakat yang ada  dan apabila diserahkan uang  langsung  ke mustabik / penerima zakat  dinilai uang sebesar 3,8 Kg  mengikuti pendapat madhab abu hanifah;
  3. Fidiyah yang dibayar bagi orang yang tidak mampu melaksanakan puasa  karena syara'  sebesar 1/4 dari zakat fitrah atau  1 mud (7 ons) tidak ada tambahan lauk pauk  dan tidak boleh diuangkan;
  4. pelaksanaan  ibadah sholat  dimohon adhan  sudah masuk waktu sholat  sesuai dengan jadwal imsakiyah  tidak dilaksanakan sebelum waktu sholat  sekalipun sholat sudah masuk waktunya  dan jam dicocokkan dengan jam RRI / TVRI;
  5. mengusulkan kepada Pemerintah  untuk menertibkan  tempat-tempat  hiburan permainan cafe, warnet, bilyard dan sebagainya;
  6. mengusulkan  kepada pemerintah agar menertibkan  dan menata amil zakat.
  7. pada acara tersebut  Pemerintah menjanjikan akan membubarkan  secara perlahan-lahan komplek WTS   dan tidak dibenarkan menggunakan istilah  PSK
  8.  dalam acara tersebut  dijelaskan pula   sejarah berdirinya MUI VISI DAN MISI  DAN TUJUAN  MUI.
  9. dalam acara tersebut dihadiri  oleh Bupati Ponorogo pengurus MUI Ponorogo MUSPIDA  MUI Kecamatan se Kabupatamat se Kabupaten Ponorogo dan Kepala Kementerian agama Kecamatan se Kabupaten Ponorogo.

KEPRIBADIAN SEORANG MU'MIN

Mu'min menurut bahasa berasal dari bahasa arob merupakan isim fa'il (pelaku penderita)  dari amana -  yu'minu -  amanan -  imanan  wahuwa  Mu'min jama'nya Mu'minin  untuk perempuan Mu'minah yang artinya rasa aman tentram  damai   dalam hal ini berarti  seseorang yang telah mempercayai dan menyakini  dengan hati  dan  perkataan  kemudian diwujudkan dalam perbuatannya setiap hari-harinya akan adanya kekuatan yang maha dahsyat  (supra mega natural power) yang menguasai alam semesta beserta seluruh isinya, hal-hal yang wajib diyakini  itu ada enam perkara  sebagaimana sabda Rasululloh Saw  ketika  berkumpul bersama sahabatnya maka datanglah seorang laki-laki  yang menanyakan akan keimanan

"Waid jaa'a Rujulun  lil Rosulillahi  faqoola " wamaa imaanu yarosululloh" Faqoola Rosululloh saw  "al imanu hua antu'minu billahi wal malaikatihi  wakutubihi warosulihi wal yaumil akhiri wa qodri khoiri wastarihi" faqoola rojulun "anta shokhih ya Rosululloh"

 "dan datanglah seorang laki-laki  berkata "Apakah yang dikatakan iman itu wahai Rosululloh  maka Rosululloh Saw bersabda  "Iman itu adalah  hendaklah engkau meyakini kepada Alloh, malaikat-malaikatnya Kitab-kitabnya  dan Rosul-rosulnya  dan hari akhir  dan qodo' / qodar  yang baik maupun yang jelek"  anda betul ya Rosululloh  maka para sahabat bertanya   siapakah laki-laki tadi ya Rosululloh, Taukah  wahai sahabatku laki-laki tadi adalah Maialkat jibril"

Itulah sangat pentingnya menyenai keimanan sehingga malaikat  Jibril sendiri datang mengajari sahabat Rosululloh

situ panjalu  difoto  dari atas perahu  airnya mengkilap menurut cerita awalnya air danau panjalu berasal dari sumur zal-zam


didalam hadist qudsi disebutkan :
"Yaquulullohu ta'ala  yaumal qiyamah : yaa adamu  qum fafajahij min dhuriyatika  tist'a miatin  watis'atan  watis'iin ila naar  wawakhidan  ila jannati  fabaka ashkhabahu faqoola "  irfa'uu ruusakum fawaladihi nafsi  biyadihi  maa ummati  fii ummami  illa kasyaroti  baidho'i  fii jildi stauri aswad" ( rowahu   thobrooni)
artinya :
 Alloh Swt  berfirman  pada hari qiyamat : Hai adam, Bangkitlah  siapkanlah sembilan ratus sembilan puluh sembilan  keturunanmu  (untuk ditempatkan)  dalam neraka, dan satu diantara mereka itu  akan ditempatkan dalam surga"(Hr. Tobroni)

 semoga kita termasuk dari 1/1000  dari golongan keturunan adam yang kelak dimasukkan ke dalam surga
coba anda amati kehidupan manusia  saat ini  bagaimana polah tingkah lakunya  bagi yang telah terlanjur melakukan ma'siyat cepatlah melakukan taubat nasukha  yang mana berjanji pada diri sendiri tidak akan melakukan kema'siatan  lagi.

Seorang muslim dan seorang mu'min  ada bedanya  seorang mu'min sudah pasti seorang muslim sedangkan seorang muslim  belum tentu seorang mu'min sedangkan seorang muslim adalah yang telah mengucapkan sahadatain  menyaksikan tiada Tuhan selain Alloh dan Nabi Muhammad Saw itu utusan Alloh (Ashadu anla illaha illalloh wa ashadu anna Muhammadar Rosululloh),  sima' firman Tuhan  mengenai tanda-tanda dari seorang Mu'min dibawah ini :

"Innamal Mu'minuunal ladhina idha dhukirollohu wajilat qulubuhum waidaa tuliyat 'alaihi  ayaatuhu jidannaa hum imanan wa'ala robbihim yatawakaluun wayukimuuna sholata  ya'tuna zakata  wal muufuna idha 'ahaduu ulaika humul mu'minuua khaqo lahum darojadun 'indarobbihum  wamagfirotun warizkun karimm"
artinya  : Sesungguhnya orang-orang mu'min itu adalah  apabila  dingatkan / dibacakan  ayat-ayatNya   maka gemetarlah hati mereka  dan apabila ditunjukkan tanda-tanda kebesaranNya  maka bertambah imanlah hati mereka  dan hanya kepadaTuhannyala mereka bertawakal yang mendirikan sholat membayar zakat dan selalu menempati janji bila ia berjanji  itulah orang-orang yang beriman secara khaq padanya  memperoleh beberapa derajat dari sisi Tuhanya dan ampuna  dan Riski yang mulia"

itulah tanda tanda dari  kepribadian seorang mu'min sejati mari kita mengaca pada diri sendiri apakah kita sudah termasuk orang-orang mu'min ataukah kita masih seorang muslim  atau orang awam,

 Kepribadian Seorang Mu'min berbudi pekerti yang mulia (khuluqul karimah)  Firman Tuhan didalam hadis Qudsi
"Hadaa diinur tadhoitu linafsi  walan yuslikhahu  illa skhoou wa khusnul khuluq faakrimuhu  bihimma  shokhibtumuhu"  (Rowahu Rifaa'i)
artinya "Ini adalah agama yang telah ku ridhoi  untuk diriku  sendiri  dan tidak dapat dimanefestasikan kecuali  dalam  perbuatan  murah hati  dan akhlaq yang baik  karena itu  jadikanlah mulia  dengan kedua sifat  itu    selama kalian menganutnya" (Hr Arifa'i  dari anna)

nabi Saw sendiri diutus kedunia ini untuk menyempunakan akhlak yang mulia  dengan sabdanya :
"Innama bu'istu liutammima makarimal akhlaqi'
Artinya " Sesungguhnya aku diutus untu menyempunakan akhlaq yang mulia"

"akstaro yudkhilu  naassa  jannata  taqwa wa khusnu khuluq"
artinya " yang paling banyak dimasukkan kedalam surga  ialah  orang yang  takwa   dan berakhlak mulia"

"akmalu  mu'minin  imanan  akhsanahum akhsanuhum  khuluqon"
artinya yang paling sempurna  keimanan seseorang  mu'min  ialah  yang paling baik akhlaqnya"

Para ahlu 'ilmi  mengatakan  khusnul khuluq berarti :
  1. Menahan marah karena Alloh
  2. Menampakkan muka manis dan ramah tamah kecuali kepada orang yang mungkar dan jahat
  3. memaafkan orang yang sesat tanpa  sengaja  kecuali apabila mau mendididiknya
  4.  menegakkan batas-batas ketentuan Alloh
  5.  menghindarkan gangguan terhadap kaum muslimin  dan kaum kafir  yang ada dalam perlindungan pemerintah  islam  kecuali usaha untuk merubah  kemungkaran  dan menyelamatkan orang yang teraniaya tanpa melebihi batas.
kepada setiap mulim hendaklah berusaha  dengan sungguh-sungguh  untuk memperbaiki akhlaqnya baik kepada sesama manusia apalagi sesama muslim   maupun kepada binatang, tumbuh-tumbuhan dan alam sekitar kita.







PENGHARGAAN

tingkatan warok  WAROK DAN ZUHUD keduanya saling keterkaitan bagaikan dua sisi mata uang ada tiga tingkatan Warok Likulli lamkhatin wanafas...