ADAB, ETIKA,KHULUQ

 SEORANG YANG BERUSIA MATANG HENDAKNYA BELAJAR TASAWUF


syeh abdul qodir al jaelani 

Sebagai seorang tokoh sufi yang sangat terkenal, banyak pikiran yang dikemukakan dan dikembangkan oleh Abdul Qadir Al-Jailani, antara lain sebagai berikut.

  1. Tasawuf adalah kebeningan jiwa dan bersih dari hawa nafsu, hubung an yang harmonis dengan Allah Swt., berakhlak mulia kepada sesama manusia, dan harus sesuai dengan Al-Qur'an dan sunah tanpa harus ditambah atau dikurangi. Dalam Al-Ghaniyah, Abdul Qadir Al-Jailani menganjurkan setiap mukmin untuk ber-ittiba (mengi kuti) ahlus Sunnah wa al-jamaah.
  2. Dalam Al-Ghaniyah, Abdul Qadir Al-Jailani menganjurkan setiap mukmin untuk ber-ittiba (mengi kuti) ahlus Sunnah wa al-jamaah. Kata beliau, “Sunah berarti apa saja yang dilakukan oleh Rasulullah Saw. Sedangkan Al-Jamaah ber arti apa saja yang disepakati oleh Al-Khulafa ar-Rasyidin. Kita juga boleh mengikuti para sahabat Rasulullah Saw. Lainnya, seperti Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, Abu Hurairah, Aisyah, dan semuanya sesuai dengan sabda Rasulullah Saw., “Sahabat-sahabatku laksana bintang, dan siapa saja di antara mereka yang kalian ikuti, niscaya kalian akan mendapat petunjuk.”



ADAB

ADAB BERSAMA ALLAH SWT.

Adab bersama Allah Swt. antara lain sebagai berikut.

  1.  Menjaga muamalah bersama-Nya, agar tidak ternoda oleh berbagai kekurangan dan kotoran batin.
  2.  Menjaga hati agar tidak berpaling kepada selain-Nya.
  3.  Menjaga kehendak agar tidak bergantung kepada sesuatu yang dibenci Allah.

ADAB BERSAMA RASULULLAH SAW.

Adab bersama Rasulullah Saw. Antara lain sebagai berikut.

  1. Tidak mendahului beliau da lam masalah perintah dan la rangan, baik perkataan maupun perbuatan.
  2. Tidak mengeraskan suara di atas suara beliau, karena hal itu bisa menggugurkan (pahala/diterima nya) suatu amalan.
  3. Tidak memanggil beliau seperti memanggil temannya.
  4. Tidak meninggalkan majelis beliau, kecuali ada keperluan yang sangat penting dan setelah mendapat izin.
  5. Tidak menganggap rumit perkataan beliau, tidak mem pertentangkan nash beliau dengan qiyas, tidak mengalihkan pembicaraan ketika beliau bicara

ADAB SEORANG GURU SYEH

  1.  Tidak mengemukakan kelebihan/ keistimewaan yang dimiliki salah seorang atau sebagian murid di depan kaum (murid-muridnya yang lain), karena justru akan menimbulkan bahaya pada diri murid tersebut dengan masuknya rasa ujub (membanggakan diri atau takabur atau hanya puas diri);
  2. Tidak berbicara di depan murid muridnya dengan suatu apa pun, melainkan hatinya selalu melihat dan merasa diperhatikan oleh Allah Swt. dan mohon Pertolongan ke pada-Nya agar apa-apa yag diucap kan itu benar dan bisa masuk ke dalam hati murid-muridnya, lalu tumbuh subur dan berkembang menjadi amalan yang dapat segera mengantarkan mereka dalam perjalanan menuju Alloh swt
  3. Hatinya selalu mohon bantuan kepada Allah Swt. agar menjadi semacam bak air yang mengalir kan kebenaran-kebenaran dari al-Haqq (Tuhan Yang Mahabenar) kepada hamba-hamba (murid murid) yang kehausannya mencari kebenaran daripada-Nya, syaikh hanya berbicara melalui (ilham) dan isyarat-isyarat dari Allah Swt. bukan dengan hawa nafsunya.
  4. Syaikh selalu memperhatikan hal (keadaan murid-muridnya dan membimbinginya dengan cahaya iman, kuatnya ilmu, dan makrifat sehingga benar benar mengetahui apa yang layak cocok dilakukan sesuai dengan hal ( keadaan) simurid tersebut dengan demikian syeh dapat dipersiapkan bentuk bentuk ibadah tertentu yang sesuai dan pas untuk murid muridnya ada yang cocok untuk melakukan riyadhoh dan mujahadah ibadah ibadah lahir sehingga ia menjadi seorang abid sedangkan yang lainnya lebih pas mendekatkan diri kepada Alloh dan mendaki jalan yang dilakukan oleh al muqorrobin dengan ibadah yang bersifat batin sehingga menjadi ahlulloh yang arif billah dan mencintai Alloh;
  5. bersikap lembut dan kasih sayang serta mencintai sesana manusia termasuk murid muridnya dengan memenuhi hak hak mereka
  6.  hendaknya seorang syeh mempunyai khalwat khusus dan waktu yang khusus pula sehingga muamalah dengan Alloh.

Verifikasi Usulan Reyog Ponorogo masuk ICH UNESCO 2023

Verifikasi Usulan Reyog Ponorogo masuk ICH UNESCO 2023

Sambutan Kepala Dinas Pemuda  pariwisata dan olahraga Kabupaten Ponorogo diantanya mengatakan

Reyog pada saat ini  di situasi pandemi covid-19  mengalami dampak yang luar biasa  semua aktifitas focum baru kita bangkit lagi untuk mengajukan dicatat sebagai warisan seni budaya  tak wujud jumlah group reyog yanga ada sejumlah  340  group reyog yang mengajukan ke ICH UNESCO,

Kepada Kang Bupati Ponorogo mohon dengan hormat lagi sangat untuk memberikan dukungannya  semua kesenian  reyog yang ada di Indonesia dan manca negara  mohon juga atas dukungannya pula.

Sambutan Bupati Ponorogo diantaranya mengatakan Siapapun dan dimanapun Reyog berada  kita dukung Reyog Masuk sebagai warisan budaya tak wujud tercatat di ICH  UNESCO  kami Bupati ponorogo mengsupport Fuull   mengapa harus masuk di UNESCO dikarenakan di Reyog Ponorogo terkumpul berbagai kesenian teracik dari seni tari, seni sastra, seni music. Seni beladiri ada seni topeng, maka dukungan moril dari semua masyarakat Internasional juga kita harapkan.


KEGUNAAN DANA RT TAHUN 2022 PONOROGO


Dana RT sebesar RP. 10.000.000,00 untuk tahun 2022 ini  jangan dilihat jumlah nominalnya namun agar dilihat perhatian pemerintah terhadap RT  dana tersebut dipergunakan untuk :

  1. Pembuatan air resapan  untuk mengurangi  debet air hujan agar teresap ke dalam tanah bisa dengan menggunakan peralon diisi oral, bisa juga menggunakan bambu bila sumua RT ada peresapan maka debet air dalam tanah akan terjamin;
  2. Pemilahan Sampah antara organic non organic;
  3. Pendataan ulang DTKS  melalui musyawarah RT;
  4. WIFI hotsport RT  bila semua RT ada WIFI  maka akses internet akan mudah  diperoleh sehingga warga RT bisa mengikuti perkembangan dunia demikian pula sebaliknya warga bisa  mengupload potensi   kegiatan kegiatan RT demikian juga anak anak sekolah warga RT bisa mengekses pelajarannnya di RT;
  5. Insentif Pengurus RT Ketua RT. 500.000,00 Bendahara Rp. 250.000,00 Sekretaris Rp 250.000,00 setahun;
  6. Menghijaukan, membungakan RT  bila semua RT memiliki taman bunga maka akan terlihat indah.

Hadist qudsi Tawadlu' karena Alloh

 


Tawadlu’ karena Allah

Allah swt. Berfirman dalam Hadits Qudsi yang diragakan oleh Rasulullah saw.:

من تواضع لهكذا وجعل النبي صل الله عليه وسلم كغه إلى الأرض رفعته هكذا وجعل بطن كغه الى السماء

رواه احمد وغيره )

Barangsiapa yang tawadlu’ karena Aku, seperti begini lalu Rasulullah saw. Mengisyaratkan dengan menelungkup kan tangannya ke bumi – niscaya Aku angkat seperti ini (lalu Nabi) saw. Membalikkan telapak tangannya yang tadi dan mengangkatnya ke arah langit).

(HQR. Ahmad Bazzar, Abu Ya’la dan Thabarani dalam al-Ausath yang bersumber dari Umar r.a.)

Tawadlu’ ialah bersikap tenang, sederhana dan sungguh sungguh dan menjauhi perbuatan takabbur (sombong) ganas, ataupun membangkang, tawadlu’ itu merupakan salah satu sifat Mu’min yang termasuk Shadiqien.

Para Ulama membagi tawadlu’ menjadi tiga tingkat :

a.      Tawadlu’ kepada Agama, yaitu sikap tidak menentang keterangan-keterangan yang dinukil dari Allah dan Rasul-Nya dengan alasan akal ratio, tidak mencela argumentasi Agama dan tidak menimbulkan terjadinya khilafiah (perselisihan pendapat).

b.      Sikap rela menjadikan sesama Muslimin sebagai saudara nya, selama Allah menganggap orang tersebut sebagai hamba Nya.

c.       Merendahkan diri kepada yang haq yang datang dari Allah semata serta tunduk, ta’at dan patuh kepada hukum-hukum-Nya dan tidak membangkang sama sekali.

Dalam al-Quran kita dapati ayat-ayat yang menggalakkan dan mengajak manusia bersifat tawadlu’.

وعبادالرحمن الذين يمشون على الارض هوناواذا خاطبهم الجاهلون قالو

سلاماً «الفرقان 63 »

Dan hamba-hamba Allah Yang Maha Penyayang ialah orang-orang yang berjalan di atas muka bumi dengan rendah hati, dan apabila orang-orang yang jahil mengajak bertengkar dengan mereka, mereka balas dengan ucapan ucapan bijaksana.

(Q.S.25 al-Furqin : 63)


 


Kitab ambiyo

 Berikut kitan kisah para nabi  kitab kuno berbahasa Jawi kuno  bertuliskan arab jawa milik mhah mhah saya

Ambiyo

Ambiyo 1

Ambiyo 3

PENGHARGAAN

tingkatan warok  WAROK DAN ZUHUD keduanya saling keterkaitan bagaikan dua sisi mata uang ada tiga tingkatan Warok Likulli lamkhatin wanafas...