qiamul laili

qiamul laili di masjid tegal sari 
  1. sholat li tholabul lailatul qodr dua rokaat, rokaat pertama bakda fatekha surat yang dibaca surah al ikhlas 7 kali, sedangkan pada rokaat kedua bakda fatekhah surat yang dibaca juga al ikhlas  7 kali.
  2.  Sholat khajad  dua rokaat pada rokaat pertama surat yang dibaca  sutah al kafirun 10 kali sedangkan pada rokaat kedua bakda fatekhah surat yang dibaca surah al ikhlas 10 kali
  3. Sholat tasbih dua rokat dua kali total tasbih yang dibaca masing-masing rokaat 75 kali yang terinci pada rokaat pertama bakda surat  yang dibaca bakda fatekhah surat attakatsur dilanjutkan tasbih 15 kali   kemudian disetiap gerakan sholat  membaca tasbih 10 kali pada rokaat pertama ditambah duduk istiroj membaca tasbih 10 kali juga, pada rokaat yang kedua bakda fatekah surat yang dibaca  surah al 'asr,  pada sholat tasbih kedua kali  pada rokaat pertama surah yang dibaca surat al kafirun,  sedangkan pada rokaat kedua surah al ikhlas
  4. Sholat Taubatan nasukha dua rokaat surat yang dibaca pada rokaat pertama bakda fatekhah surah annaser sedangkan pada rokaat kedua surat allahab masing-masing satu kali
  5. sholat li khifdil iman dua rokaat  bahda fatekhah surat yang dibaca  ayat kursi 3 kali  sedangkan pada rokaat kedua bakda fatekha surat yang dibaca  falaq dan annas
  6. Sholat taqoruban illalloh dua rokaat  bakda fatekhah pada rokaat pertama surah yang dibaca  surat almanguun sedangkan pada rokaat kedua surah yang dibaca surat al kautsar masingmasing satu kali
  7.  Sholat Istiskhoroh dua rokaat  dua rokaat bakda fatekha surat yang dibaca surat al kafirun sedangkan pada rokaat kedua surat ikhlas
  8. pada setiap selesai sholat do'a yang dibaca "allohuma innaka 'afurun karim tukhibul 'afwa fakfu 'annina yaa karim tiga kali
  9. bakda sholat membaca tahlil   Istigfar 100 kali,  sholawat 50 kali dhikir 100 kali  kemudian do'a
  10. sujud sukur  membaca tasbih 10 kali, sholawat 10 kali  doa sapu jagat 10 kali bisa ditambah latudrquhul abshoro wahuwa yudrikul absoru wahuwa latiful khobir tiga kali,  kemudian laailaaha ilalloh subkhanaka inni kuntu minadholimin 3 kali, kemudian innama amruhu idha arodaa saia ayyakuluhu kun fayakun tiga kali  kemudian memohon apa yang dibutuhkan baik kehidupan diduia maupun kebutuhan kehidupan diakhera kemudian  takbir dan salam  lalu duduk lagi  lalu do,a. 
  •  manfaat qiamul laili 
  1. dihindarkan dari penyakit affat (pikun)
  2. ditingkatka derajarnya
  3. dipenuhi kebutuhannya
  4. dikasihani oleh semua makhluk
  5. dihindarkan siksa qubur
  6. dibangunkan dari quburnya bersinar  seperti bulan purnama
  7. diperjalankan di sijod seperti kilat
  8.  diberi catatan amal dari sebelah kanan dan barang siapa diberi catatan amal dari sebelah kanan maka akan  dimasukkan kedalam surga 
Nabi Saw bersabda kepada abu dhar " lau arodta safaron a'tadta lahu  'uddatan  qoola  na'am  qoola  fakaefa safaro thoriqon qiyamatihi ala unabiuka yaa aba dharin  bima yanfa'uka  dhalika yauma qoola balaa biabii  anta wa ummi qoola shoum yauman  syadiidan kharri liyaumin nushurin wa sholli  rok'atan fii dhulumati laili liwakhsatil qubuuri  wa khujju khujatan li'adhooimil umuuri watashodaqo bishodaqotin  'alal miskiin au kalimalil khak  taqulllahumma au kalimati syarri  taskutu 'anha"
artinya :
"seandainya kamu bepergian, niscaya kamu mempersiapkan bekal ?". yaa.  beliau bersabda  "maka bagaimanakah untuk menempuh jalan akherat ?,  maukah aku ceritakan wahau abu dharr  akan sesuatu yang bermanfaat  bagimu pada hari itu ? "ia menjawab: "yaa, dengan ayah dan ibuku  tebusanmu?"  beliau bersabda "Puasalah untuk hari yang sangat panas  untuk hari dibangunkan kembali  sesudah mati, sholatlah dua rokaat  di kegelapan malam  untuk menghadapi kegundahan di qubur, berhajjilah  dengan sesuatu hajji  untuk menghadapi urusan yang besar, dan bersedekahlah kepada orang-orang fakir miskin dengan sesuatu sedekah  atau kata-kata kebenaran  yang kamu ucapkan, atau kata-kata keburukan  yang kamu diam dari padanya"





Balaan qiamul laili


ada 9 balasan bagi orang yang melakukan sholat lail 5 balasan diperoleh di dunia dan 4 diperoleh di akherat :
5 balasan yang diperoleh didunia :
1. dihindarkannya dari penyakit afat
(penyakit pikun lupa apa yang telah dilalkukan biasanya terjadi bila usia tua)
2. dikasihani oleh semua makhluk
3. diberi derajat yang tinggi
4. dilebihkan rizkinya
5. diberikefahaman
sedangkan 4 diperoleh di akherat :
6. dibangunkan dari kuburnya wajahnya seperti bulan purnama
7. dimudahkannay khisab
8. dijalankan di sirod seperti kilat
9. diberi kitab cacatan amal dari sebelah kanan
dan barang siapa yang diberi kitab dari sebelah kanan maka ia termasuk ahli surga.

pada sambutan Bupati Ponorogo diwaktu ikhtikaf di masjid tegal sari (Bpk. Amin) mengatakan bahwa Bupati Ponorogo Pertama di Kota tengah Sekarang Cokro negoro keturunan Moh. Besari atau keturunan ki Ageng besari ada dua fersi yang ada di catatan pemkab Ponorogo mohon kepada pembaca yang bisa menunjukkan silsilahnya seperti rekaman fidio diwawah ini :

shahadah mulku

"SINDUNG OWUNG-UWUNG SINDUNG ORONG-ORONG NIAT INGSUN MOCO SAHADAH MULKU ASHADU ALLA ILLAHA ILLALLOH WAASHADU ANNA MUHAMMADAR ROSULULLOH, ASHADU ING NGENDI PINANGKAMU GETIHKUKALULAH DAGINGKU ILLALLOH NYAWAKU HUU WONG PULAU JOWO ORA NGIMANAKE SHAHADAH MULKU DADI PANGANE DEMIT WALI TANAH JOWO KANG NYEKSENI MALAIKAT PAPAT KANG NGEKSO BADANKU KABEH HUUK ROSO HUUK DEKDOYO"
Barang siapa mengamalkan shahadah mulku akan dijaga beribu -ribu malaikat yang berada diatasnya. dan dimudahkan didalam sakarotul maut terbukti ketika saya menunggui ayah saya ketika sakaratul maut saya bacakan yaasi seteleh membaca bapak saya sudah tidak ada

पड़ी यंग दिकेरोयोक emprit



Musim yang tak beraturan di tahun 2010 mengakibatkan para petani kelabakan antara menanam apa yang cocok untuk keadaan sekarang pada bulan juli 2010 yang seharusnya sudah musim kemarau yang cocok ditanami Kedelai namun pada bulan-bulan tersebut malah turun hujan yang berkepanjangan sehingga para petani yang menanam kedelai rusak sehingga produksi kedelai turun drastis, ada pula yang berspekulasi menanam padi namun tanaman inipun tak lupt dari serangan hama dan penyakit pada waktu mssih muda dikeroyok belalang sedangkan ketika padi sudah mulai keluar bunganya disitupula burung-burung emprit yang jumlahnya beribu-ribu menyerang butiran padi yang masih muda wal hasil para petani harus bekerja exstra dari subuh sampai magrib harus stanbay di sawah menunggui tanaman padinya
seperti gambar tersebut diatas jenis padi yang kami tanam Pepe yang berumur 84 hari baru mulai reda dari serangan burung emprit selain emprit juga tikus juga menyerang tanaman. alkhamdulilah tanaman kami saat ini sudah mulai menguning.
pada tanam yang kedua ini kami akan mencoba padi jenis hibrida yang berasal dari India semoga berhasil.

asyuro

man shoma tsalastata min yaumil 'asyuro khomis, ju'at wa sabtu kataballohu likuli yaumin tist'a miata 'ammin
"Barang siapa puasa tiga hari dibulan asyuro dimulai hari kamis, jum,at dan sabtu maka akan dicatat baginya disetiap harinya bagaikan ibadah 900 tahun"

hadist qudsi

'Yaquulullohu  ta'ala  lil malaikati biarzaki bani adama Ayuma 'abdin Wjadtumuhu ja'ala lahum -hamma wakhidan fadhominulahu rizqohu minassamawati wal ardh,
waayumma 'abdin   'wajadtumuhu  tholabahu  fainnahu  takhorroya  'adla fadhominulahu yasruu 'alaihi, 
wain ta'ada illa khilafin dhalika fakholuu bainahu  wa baina maa  yuriidu tsuma laa yanalu  fauqo darijati lati katabtuha lahu"
"Aloh Swt berfiman  kepada para maialkat  yang diserahi  urusan rizki bani adam  "hamba manapun yang kalian dapati yang cita-citanya hanya satu  (yaitu semata-mata hanya untuk akherat)  jaminlah rizkinya dilangit dan dibumi. 
Dan hamba manapun  yang kalian dapati  mencari rizkinya  dengan jujur karena berhati-hati  mencari keadilan  berilah dia rizkinya  dengan baik  dan mudahkanlah baginya.
Dan jika ia telah melampaui batas  kepada selain itu, biarkanlah  ia sendiri  mengusahakan  apa yang dikehendakinya  kemudian ia tidak akan  mencari lebih  dari apa  yang telah  aku tetapkan untuknya (Hr. abu na'im dari abu huroiroh ra)
 Hadis tersebut menunjukkan kepada kita bahwa didalam mencari rizki bila hanya untuk kepentingan akherat maka tuhan akan menjaminnya sedangkan bila mencari rizki  dengan jurur dan  berhati-hati mencarai keadilan maka akan diberi ziki dengan baik dan dimudahkan baginya sedangkan bila dalam mencari rizki kita  telah melampaubatas  (demi akherat dan keatiahatian untuk keadilan) maka akan dibiarkan mencari sendiri  adapun yang diperolehnya ia tidak akan lebih dari yang ditetapkan untuknya.

Manuasia  itu menut imam ghozali dalam kitabnya ikhyaul umuluddin buku  ke tiga   terbagi ke dalam tiga golongan  dalam berusaha yaitu :
  1. Seseorang yang disibukkan oleh dunianya dari akheratnya  maka ia termasuk orang yang binasa 
  2. Seseorang yang disibukkan oleh akheratnya  dari dunianya maka ia termasuk  orang-orang yang beruntung;
  3. yang paling mendekati kelurusan adalah  orang yang disibukkan oleh dunianya  pagi akheratnya, maka ia ermasuk  orang yang sederhana. Dan tidak mendapat derajat kesederhanaan  orang yang tidak menempati  jalan kebenaran  dalam menuntut kehidupan. dan orang menjari dunia itu  tidak akan dunia itu tergerak  sebagai peranta ke akherat selama ia tidak berkata kesopanan  dengan tata kesopanan tata kesopanan akherat dalam menuntut dunia itu. 
dalil yang menunjukkan berusaha :
didalam alqur'an surah annaba  ayat 11 menyebutkan " waja'alna naharo ma'asyan " dan dijadikan  siang itu  untuk mencari penghidupan. dalam suroh al a'rof ayat 10 " waja'alnakum lakum fiiha ma'ayisyan qolilam mataskuruun" Dan kami  adakan bagimu dimuka bumi itu  sumber penghidupan  amat sedikitlah kamu bersukur.dalam suroh al baqoroh ayat 198 " laisa 'alaikum  junakhun an tabtahgu fadlam mirrobakum" Tidak ada dosa bagimu  untuk mencari karunia  dari Tuhanmu. Dalam suroh al muzzamil ayat 20 " Waakhoruuna yadhribuuna  fil ardhi  yaabtaghuna  mim fadhlillah" Dan orang orang yang berjalan dimuka bumi mencari sebagian  karunia Alloh. Dalam surah al jum'ah " Fangtasiruuna  fil ardhi wabtaghuuna min fadhlillah"  Dan berjalanlah dimuka bumi ini carilah karunia Alloh.

Sedangkan hadist- yang menuntut untuk berusaha adalah :
  1. "Sebagai dosa-dosa adalah dosa-dosa yang tidak dihapus kecuali  oleh kerusakan  dalam mencari kehidupan"  (hr.attirmidhi dan hakim);
  2. "Pedagang yang jujur pada hri kiamat  akan dihimpun  bersama orang-orang yang sangat jujur  dan orang-orang yang mati syahid"  (hr al Baihaqi);
  3. "Barang siapa mencari dunia dengan khalal  menjaga dari minta-minta  berusaha untuk keluarganya  dan belas kasih pada tetangganya  maka ia bertemu  dengan Alloh  sedangkan wajahnya seperti bulan malam purnama" (Hr.  Thobroni)
  4. "Sesungguhnya Alloh  mencintai hamba  yang mengambil pekerjaan  agar ia kaya  dari manusia, dan ia membenci hamba  yang belajar  ilmu  yang dijadikan sebagai pekerjaan  untuk mencari penghidupan"
  5. "Sesungguhnya Alloh mencintai  orang mu'min yang bekerja" (Hr. Athobroni)
  6. "sehalal-halal sesuatu yang dimakan  oleh seorang laki-laki  adalah dari usahanya dan seluruh jual beli yang baik" (Hr. ahmad dari rofi' bin kadi)
  7. "Sekhala-khalal  apa yang dimakan oleh hamba adalah usaha tangan yang diperbuat  apabila ia murni" (Hr. ahmad dan abu huroiroh)
  8. "atasmu berniaga karena pardanya  terdapat sembilan per sepuluh rizqi ( Hr. Ibrahim al harbi dari Naim abdurrohman)
  9. "Janganlah dipandangnya  lambat suatu rizqi  membawa kamu untuk menuntutnya  dengan maksiat kepada Alloh ta'ala   karena sesungguhnya Alloh itu apa yang disisinya  tidak diperoleh dengan maksiyat  kepadanya"

PENGHARGAAN

tingkatan warok  WAROK DAN ZUHUD keduanya saling keterkaitan bagaikan dua sisi mata uang ada tiga tingkatan Warok Likulli lamkhatin wanafas...